PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG DIDUKUNG MEDIA VISUALISASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 5 MEDAN

Sihite, Leni Yosepine (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG DIDUKUNG MEDIA VISUALISASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113331025 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) yang didukung media visualisasi pada pokok bahasan sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 70 orang dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan uji t pihak kanan. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas,dan memiliki realibilitas sebesar 0,58. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 25,08 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 30,62. Setelah diberi perlakuan maka diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 79,85 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 58,28. Semua data pre-test dan gain siswa telah diuji normalitas dan homogenitas hasilnya data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas eksperimen adalah sebesar 72,80% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas kontrol adalah sebesar 38,06%, sehingga penelitian memiliki perbedaan peningkatan hasil belajar sebesar 34,% di sekolah SMA Negeri 5 Medan. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t pihak kanan ada pengaruh model PBM terhadap peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan uji t pihak kanan yaitu thitung > ttabel (34,90 > 1,654). Karena thitung> ttabel maka Ha diterima H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101 1 001
Call Number: SK-2015 KIM 018
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item