PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMK MTS SWASTA MIFTAHUSSALAM MEDAN

Lubis, Abdurrohman (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMK MTS SWASTA MIFTAHUSSALAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111002 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 LEMABR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111002 BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Strategi penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam Medan pada materi kubus dan balok, (2) Mengetahui Deskripsi aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam ketika diterapkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi kubus dan balok, (3) Meningkatnya kemampuan berpikir kreatif matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi kubus dan balok di kelas di kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran sebanyak 2 soal. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa 54,81dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai KKM sebesar 46,875% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat menjadi 65,82 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 56,25% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat menjadi 76,10 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 88,24% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas VIII MTs Swasta Miftahussalam Medan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin195908051986011001
Call Number: 512.942 071 Lub p
Keywords: pembelajaran matematika; metode pembelajaran berbasis masalah; kubus dan balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item