PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PENGAJARAN STRUKTUR ATOM

Purba, David (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PENGAJARAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131010 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) didukung media power point lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pengajaran Struktur Atom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel secara random sampling dengan 2 kelas tiap sekolah. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 28 siswa di dua sekolah dan 22 siswa di satu sekolah lainnya. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode kooperatif TPS, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Dengan penerapan metode kooperatif TPS diperoleh peningkatan hasil belajar di SMAN 1 Salak 56%, SMAN 1 Sigalagala 73% dan SMAN 1 Kerajaan 57%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan diperoleh thitung untuk SMAN 1 Salak 3,515, SMAN 1 Sigalagala 3,208 dan SMAN 1 Kerajaan 2,857 sedangkan ttabel = 1,6749 untuk α = 0,05 dan db = 54 dan ttabel = 1,6827 untuk α = 0,05 dan db = 42, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Marudut196302161996031001
Call Number: 540.210 712 Pur p
Keywords: Hasil belajar;Media Power Piont;PartikelDasar Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item