UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMACAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-B SMP SWASTA PERSATUAN AMAL BAKTI (PAB) 18 MEDAN T.A 2014/2015

Sulistiowaty, Runny Tri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMACAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-B SMP SWASTA PERSATUAN AMAL BAKTI (PAB) 18 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103311042 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 BAB I.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari tentang upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat melalui model Problem Based Learning pada siswa Kelas VII-B SMP Swasta PAB 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Swasta PAB 18 Medan yang berjumlah 28 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dalam Penelitian ini di kembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LAS, dan Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh informasi bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model PBL pada siklus I diperoleh 18 siswa atau 64,3% dari 28 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan 10 siswa lainnya (35,7%) belum tuntas. Dimana dari 28 siswa terdapat 6 siswa atau 21,4% yang memiliki kemampuan katagori B, 11 siswa atau 39,3% memiliki kemampuan katagori B-, 8 siswa atau 28,6% memiliki kemampuan katagori C+, 2 siswa atau 7,1% memiliki kemampuan katagori C, dan 1 siswa atau 3,6% memiliki kemampuan katagori E, dengan nilai rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 512.507 1 Sul u
Keywords: pengertian pembelajaran; problem based learning; pemecahan masalah matematika; bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item