PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA YANG DIBELAJARKAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 T.A 2013/2014

Sinaga, Imelda (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA YANG DIBELAJARKAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409411018 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 BAB I.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409411018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan skor kemampuan berpikir kreatif, penelitian ini dilakukan berdasarkan sangat rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan 2 model pembelajaran, yaitu model pembelajaran PMR dan model pembelajaran PBL di kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A. 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 12 kelas paralel. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak siswa sebagai sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebanyak 25 orang yang diajar dengan model pembelajaran PMR dan kelas X-2 sebanyak 27 orang yang diajar dengan model pembelajaran PBL.Penelitian ini didukung oleh beberapa perangkat seperti RPP, Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dan buku pegangan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test essay sebanyak 4 soal yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid dan reliabel.Rata-rata pretes siswa kelas PMR sebesar 75,60 sedangkan rata-rata postes 72,72. Siswa kelas PBL diperoleh rata-rata pretes sebesar 77,0370 sedangkan rata-rata postes sebesar 62,03704. Dari hasil perhitungan diperoleh = 4,5537 dan = 2,01 dengan dk = 50 dan taraf nyata &#945; = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung tidak berada diantara interval -2,01 < t < 2,01 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran PMR dan model pembelajaran PBL dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas PMR lebih tinggi dibandingkan dengan kelas PBL dapat dilihat dari nilai rata-rata postes siswa pada materi Sistem Persamaan Linier dengan Dua Variabel (SPLDV) di kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 512.942 071 2 Sin p
Keywords: model pembelajaran; pembelajaran realistik; penerapan PMR; pembelajaran berbasis masalah; persamaan linier dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item