Inayatullah, Ahlam (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331002 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103331002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4103331002 KATA PEGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103331002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4103331002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4103331002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103331002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103331002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4103331002 BAB I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4103331002 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103331002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran Creative Peoblem Solving dengan hierarki konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas rata-rata terdiri dari 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu sampel yang diambil adalah seluruh populasi dan diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 adalah kelas eksperimen 1 sedangkan XI IPA 2 adalah kelas eksperimen 2.Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrument test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah valid dan reliabe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kimia dengan model pembelajaran Creative Problem solving disertai hierarki konsep memberikan peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis t pihak kanan (0.05) t hitung (25) >t tabel (1.671). sedangkan dari hasil peningkatan gain didapat sebesar 15% denga rata-rata 0.55% . Model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) disertai hierarki konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan pada materi Larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Ina p |
Keywords: | Pemahaman Konsep; Analisa Konsep; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11855 |