PENERAPAN METODE SMOOTHING EKSPONENSIAL GANDA DUA PARAMETERDARI HOLT DALAM PERAMALAN JUMLAH PELANGGAN KARTU KREDIT DI PT. BANK BNI CNM (CARDS AND MERCHANT BUSINESS) MEDAN

Samosir, Daniel (2014) PENERAPAN METODE SMOOTHING EKSPONENSIAL GANDA DUA PARAMETERDARI HOLT DALAM PERAMALAN JUMLAH PELANGGAN KARTU KREDIT DI PT. BANK BNI CNM (CARDS AND MERCHANT BUSINESS) MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409230010 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409230010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Peramalan (forecasting) adalah suatu perkiraan tingkat permintaan yang diharapkan untuk suatu produk atau beberapa produk dalam periode waktu tertentu dimasa yang akan datang. Peramalan merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan dalam perumusan strategi perusahaan di masa mendatang. Permasalahan yang dialami oleh PT. Bank BNI CNM (Cards and Merchant Business) Medan ialah bagaimana meramalkan jumlah pelanggan kartu kredit. Berdasarkan data jumlah pelanggan kartu kredit yang diperoleh dari PT. Bank BNI CNM (Cards and Merchant Business) Medan dari bulan Januari 2009 sampai dengan Desember 2013 diperoleh pola data-nya berbentuk trend. Metode yang digunakan dalam meramalkan jumlah pelanggan kartu kredit berdasarkan pola data tersebut ialah metode smoothing eksponensial ganda dua parameter dari Holt. Estimasi model peramalan menggunakan metode smoothing eksponensial ganda dua parameter dari Holt dilakukan dengan menghitung nilai tengah kesalahan kuadrat atau Mean Square Error (MSE) terkecil, yaitu 57.120,0384 yang diperoleh dari nilai parameter pemulusan α=0,8 dan γ=0,1. Sehingga diperoleh model peramalan yang tepat untuk meramalkan jumlah pelanggan kartu kredit satu tahun kedepan yang dapat dijabarkan sebagai berikut: F_(60+m )= 1.411,720633 + 54,33057977(m). Dari model peramalan tersebut diperoleh hasil peramalan jumlah pelanggan kartu kredit satu tahun kedepan yaitu: Bulan Januari 2014 sebanyak 1.466 pelanggan, Bulan Februari 2014 sebanyak 1.520 pelanggan, Bulan Maret 2014 sebanyak 1.575 pelanggan, Bulan April 2014 sebanyak 1.629 pelanggan, Bulan Mei 2014 sebanyak 1.683 pelanggan, Bulan Juni 2014 sebanyak 1.738 pelanggan, Bulan Juli 2014 sebanyak 1.792 pelanggan, Bulan Agustus 2014 sebanyak 1.846 pelanggan, Bulan September 2014 sebanyak 1.901 pelanggan, Bulan Oktober 2014 sebanyak 1.955 pelanggan, Bulan November 2014 sebanyak 2.009 pelanggan, dan Bulan Desember 2014 sebanyak 2.064 pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKhairani, Nerli196801141994122001
Call Number: 519.54 Sam p
Keywords: Kartu Kredit; Peramalan; Data; Metode Smooting; Kriteria Untuk Menguji Ketepatan Ramalan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item