PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DENGAN METODE SEMINAR SOCRATES (SOCRATIC SEMINAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS X SEMESTER IISMA N 8 MEDAN T.P 2013/2014

Putri, Meutia Kemala (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DENGAN METODE SEMINAR SOCRATES (SOCRATIC SEMINAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS X SEMESTER IISMA N 8 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321031 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh modelpembelajaran diskusi kelas dengan metode Seminar Socrates terhadap hasilbelajar siswa pada materi pokok kalor di kelas X SMA Negeri 8 Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitianadalah Two Group Pretes-Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 8 Medan terdiri dari duabelaskelas yang berjumlah 343 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitukelas X-8 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-7 (sebagai kelas kontrol) yangmasing-masing berjumlah 30 siswa ditentukan dengan teknik Cluster RandomSampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian inidigunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidkan olehvalidator.Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,33dengan standar deviasi 8,88, dan nilai rata-rata kelas kontrol 40,33 dengan standardeviasi 10,50. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimenLhitung = 0,1212 dan Ltabel = 0.1610, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1283, dan Ltabel =0,1610 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Padauji homogenitas Fhitung = 1,40 dan Ftabel = 1,65 sehingga Fhitung < Ftabel , maka keduasampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuanyang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran diskusi kelas denganmetode Seminar Socrates dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelaseksperimen 70,17 dengan standar deviasi 10,30 dan kelas kontrol 56,50 denganstandar deviasi 11,76. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajarandiskusi kelas dengan metode Seminar Socrates diperoleh rata-rata pada pertemuanI sebesar 42,44 (Kurang Aktif), pada pertemuan II sebesar 62,67% (Cukup Aktif)dan pada pertemuan III sebesar 80,22% (Aktif). Hasil uji t diperoleh thitung = 4,79dan ttabel = 1,98 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruhyang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran diskusikelas dengan metode Seminar Socrates dan pembelajaran konvensional padamateri pokok kalor di kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSani, Ridwan Abdullah196406101988031017
Call Number: 536.107 12 Put p
Keywords: Pembelajaran; Diskusi Kelas; Metode Seminar Socrates; Konvensional; Kalor; Perubahan Wujud; Perpindahan Kalor; Asas Black
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item