PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS IX MTSNEGERI 2 RANTAU PRAPAT T.P 2014/2015

Sundari, Fitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS IX MTSNEGERI 2 RANTAU PRAPAT T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121025 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121025 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121025 BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121025 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4103121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokokListrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasiseluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Rantauprapat yang terdiri dari 6 kelas.Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IXB sebagai kelaseksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihanberganda yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajardan lembar aktivitas belajar siswa.Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 29.17 dan29.35. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelasberdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelaseksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontroldengan model pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran nilai ratarataaktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 71.08% dengan kategori aktif.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rataratakelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 74,78 dan 68,54. Pada pengujiandata postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normaldan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (2.762 > 2.690) maka H a diterima.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran berbasis masalah terhadapa hasil belajar siswa dan dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa.Saran dalam penelitian ini adalah sebelum melaksanakan pembelajaran,hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tahap-tahap model pembelajaran berbasismasalah, sehingga nantinya siswa akan lebih memahami tugas yang akandilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Sun p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Arus Listrik; Beda Potensial Hambatan; Rangkaian Listrik; Daya dan Energi Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 01:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item
View Item