PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP SWASTA FATIMA 2 SIBOLGAT.A. 2014/2015

Hutagaol, Astika Laras (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP SWASTA FATIMA 2 SIBOLGAT.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Fatima 2 Sibolga T. A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII-1 SMP Swasta Fatima 2 Sibolga dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pedoman Observasi Pelaksanaan Pembelajaran. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan tiga validator, yaitu seorang dosen matematika Unimed dan dua orang guru matematika SMP Swasta Fatima 2 Sibolga serta telah diujicobakan dan dinyatakan valid.Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa maka diberikan tes diagnostik dan diperoleh skor rata-rata siswa 2,00 atau dalam kategori sangat rendah serta belum ada yang mencapai ketuntasan berpikir kreatif. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, maka diberikan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif I. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 2,50 atau dalam kategori rendah serta siswa yang tuntas dalam berpikir kreatif sebanyak 15 siswa (53,57%). Karena persentase ketuntasan Berpikir Kreatif belum tercapai maka pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, maka diberikan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif II. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 68,6 atau dalam kategori tinggi serta siswa yang tuntas dalam berpikir kreatif sebanyak 24 siswa (85,71%) atau persentase ketuntasan Berpikir Kreatif telah tercapai. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan banyak siswa yang mencapai ketuntasan Berpikir Kreatif sebanyak 9 siswa (32,14%) dan skor rata-rata meningkat sebesar 0,42. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Fatima 2 Sibolga T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 512.707 1 Hut p
Keywords: Berpikir Kreatif; Kepribadian Kreatif; Model Pembelajaran; Tipe NHT; Bilangan Bulat
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item