PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 06 BELAWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Jailani, Abdul Qodir (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 06 BELAWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan Kelas VIII semester II SMP Swasta Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-3 dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan lembar observasi telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 41,4 dan 39,6. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel 0,68 < 1,995, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,3 dan 61,8. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel 4,869 > 1,997 maka H diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDDerlina, 196403211990032001
Call Number: 531.107 12 Jai p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; TGT; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Zat Cair; Hukum Pascal; Hukum Archimedes; Tekanan Pada Udara (Gas)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item