PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARANKONVENSIONAL PADA KELAS VIII SMP YAPIM NAMORAMBE T.A 2013/2014

Siagian, Frans Karunia (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARANKONVENSIONAL PADA KELAS VIII SMP YAPIM NAMORAMBE T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408311017 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 BAB I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Yapim Namorambe yang terdiri dari 5 kelas paralel dan yang menjadi sampel adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas 8-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 8-2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi siswa. Sebelum tes disajikan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh bahwa semua tes adalah valid. Selain itu, dari perhitungan reliabilitas tes diperoleh bahwa keseluruhan tes dikatakan reliabelNilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika akhir pada kelas eksperimen adalah 6,9625 dengan nilai terendah 5,5 dan nilai tertinggi 8,5. Nilai rata-rata tes komunikasi matematika akhir pada kelas kontrol adalah 6,6125 dengan nilai terendah 4,5 dan nilai tertinggi 8,5. Dari hasil analisis data pre-tes pada kelas eksperimen dan data pre-tes kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal.Dari uji hipotesis data post-tes kedua sampel diperoleh t > t ( 1,916 > 1,667). maka Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Yapim Namorambe T.A 2013/2014.Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berhasil menciptakan suasana belajar yang kondusif dalam hal meningkatkan komunikasi matematika siswa, keterlibatan siswa, belajar mandiri dan membangun sikap yang positif. Oleh karena itu disarankan kepada guru matematika untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sebagai suatu alternatif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 516.360 71 Sia p
Keywords: Komunikasi Matematika; Pembelajaran Matematika; Kooperatif; think Pair Share; Konvensional; Materi Pelajaran Teorema Pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item