HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPETEAM GAMES TOURNAMENT PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Tarigan, Yosefina (2014) HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPETEAM GAMES TOURNAMENT PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131080 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Team Games Tournament pada pokok bahasan struktur atom. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh/total. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretes-postes yang diperoleh pada eksperimen I adalah 45; 82,75, sedang rata-rata nilai pretes-postes pada kelas eksperimen II adalah 38,5; 86,12. Pada uji normalitas dengan teknik Uji Chi Kuadrat pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan teknik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan teknik statistik-t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada materi struktur atom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: 541.240 712 Tar h
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; TGT; Struktur Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item