PENERAPAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA STYROFOAM DI KELASX SMAN 1 SILIMAKUTA

Girsang, Martri (2014) PENERAPAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA STYROFOAM DI KELASX SMAN 1 SILIMAKUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131038 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 BAB I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 BABV.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan konstruktivisme dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan media styrofoam dan dengan media bahan alam pada pokok bahasan hidrokarbon di SMAN 1 Silimakuta. Penelitian ini melibatkan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen (penerapan konstruktivismedenganpembelajarankooperatiftipe jigsaw menggunakan media styrofoam) dan kelas kontrol (penerapan konstruktivismedenganpembelajarankooperatiftipe jigsaw menggunakan media bahan alam) dengan sampel total 54 siswa. Peningkatan hasil belajar kimia siswa dilihat dengan pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Nilai rata-rata pretest siswa pada kelas eksperimen adalah 40,55 ± 5,60 dan rata-rata postest adalah 78,51 ± 5,15 serta persentasi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 64%. Nilai rata-rata pretest siswa pada kelas kontrol adalah 39,25 ± 5,83 dan rata-rata postest adalah 70 ± 6,79 serta persentasi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 50%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode statistik (uji t satu pihak ) diperoleh harga thitung 5,29. Harga ttabel pada taraf α 5% dan derajat kebebasan 52 = 1,67. harga thitung 5,29 > ttabel1,67 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa melalui penerapan konstruktivismedenganpembelajarankooperatiftipe jigsaw menggunakan media styrofoam lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan konstruktivismedenganpembelajarankooperatiftipe jigsaw menggunakan media bahan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Jamalum196412071991031002
Call Number: 547.010 712 Gir p
Keywords: hasil belajar; pendekatan konstruktivisme; media pemeblajaran; atom karbon; hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item