PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA SMA

Sulistriani, (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131073 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran (Kartu Soal, Peta Konsep, Poster dan Teka-teki Silang) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan dua tahap yaitu: tahap pertama sampel kelas diambil secara total dimana seluruh kelas menjadi sampel penelitian. Pada tahap kedua, sampel diambil secara purposif 12 orang siswa di setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Kehomogenan sampel siswa dilihat dari beberapa faktor yaitu: kesamaan hasil pretest, fasilitas penunjang belajar yang dimiliki dan tempat tinggal. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui rataan hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal. Dalam penelitian digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan setiap perlakuan diberi 12 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran dengan berbagai jenis media yang berbeda yaitu media pembelajaran dikelas XI IPA 1 (Teka-teki Silang), kelas XI IPA 2 (Peta Konsep), kelas XI IPA 3 (Poster), dan kelas XI IPA 4 (Kartu Soal). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh terhadap rataan hasil belajar siswa dengan uji analisis ragam dimana harga Fhitung > Ftabel (7,30 > 2,82). Dari hasil uji BNT diperoleh rataan hasil belajar dan standard deviasimedia Kartu Soal(89,33 + 5,99)a, media Peta Konsep (84,83 + 6,69)a, media Poster (76,00 + 8,70)b, dan media Teka-teki Silang (91,00 + 5,69)a, dengan demikian disimpulkan bahwa ketiga media pembelajaran (Kartu Soal, Peta Konsep dan Teka-teki Silang) memberikan rataan nilai hasil belajar yang tidak berbeda secara statistika, namun ketiga media pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan media pembelajaran Poster. 

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilitonga, Pasar Maulim195909071985031003
Call Number: 541.345 071 2 Sul p
Keywords: pola- pola pemeblajaran; model pembelaajran; berbasis masalah; media pembelajaran; sistem koloid; dispersi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11329

Actions (login required)

View Item View Item