PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN2012/2013

Harahap, Irwan Aripin (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408341027 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2012/ 2013.Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda masing-masing berjumlah 36 orang sehingga total sampel 72 orang. Pada kelas pertama pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan NHT. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan uji statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan NHT. Nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata (80,09; SD = 8,92) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata NHT (72,69; SD = 7,69). Uji hipotesis menunjukkan menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang sangat berarti antara model kooperatif tipe jigsaw dan NHT thitung = 3,46 > t tabel = 2,00. Maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan NHT pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLumbangaol,, driana YD.196407131989032002
Call Number: 581.410.712 Har p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran kooperatif; jigsaw; NHT; jaringan tumbuhan; jaringan maristern; jaringan penyokong; jaringan pengangkut; jaringan gabus; organ tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item