PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN RESITASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Aritonang, Kristina (2013) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN RESITASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4104131007 COVER.pdf]
Preview
Text
4104131007 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4104131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4104131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4104131007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4104131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 BAB I.pdf]
Preview
Text
4104131007 BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 BAB V.pdf]
Preview
Text
4104131007 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4104131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4104131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis sumber belajar, resitasi dan interaksi antara sumber belajar dan resitasi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 17 Medan yakni sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 4 kelas. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : sumber belajar dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = handout A2 = buku paket esis, faktor B : resitasi yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= langsung dan B2 = tidak langsung.. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (AB) > Ftabel atau 5,602 > 4,11 ,artinya ada interaksi antara sumber belajar dan resitasi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan sumber belajar handout memberikan rataan peningkatan lebih tinggi dengan menggunakan resitasi langsung (46,0 ± 12,86) dan memberikan rataan peningkatan yang rendah dengan menggunakan sumber belajar handout yang dikombinasikan dengan resitasi tidak langsung (31,5 ± 10,55). Siswa yang diajarkan dengan sumber belajar buku paket yang dikombinasikan dengan resitasi langsung memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa sebesar (33,0 ± 12,92) sedangkan dengan penerapan resitasi tidak langsung diperoleh rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa sebesar (36,5 ± 10,66). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang diajarkan dengan sumber belajar dan resitasi sebaiknya menggunakan sumber belajar handout yang dikombinasikan dengan jenis resitasi langsung karena memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.010 712 Ari p
Keywords: sumber belajar; buku paket; handout; resitasi; analis materi; alkana; alkena; alkuna; hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 10:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item
View Item