PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING CTL DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKIMIA SISWA PADA POKOK BAHASANSISTEM KOLOID

Swari, Ika Putri Indras (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING CTL DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKIMIA SISWA PADA POKOK BAHASANSISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA docx.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi dan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok Sistem Koloid di MAN 2 Model Medan pada kelas XI IPA Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang reguler Dari populasi diambil Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas realibilitas tingkat kesukaran dan daya beda soalnyaHasil pengolahan data diperoleh ratarata pre test kelas eksperimen I Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi adalah 35 8 dan rata-rata pre test kelas eksperimen II (pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi adalah 30 00 Semua data pre testpost test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian di lakukan uji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas tersebut homogen Setelah diberi perlakuan maka diperoleh rata-rata hasil belajar post test pada kelas eksperimen I sebesar 885 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 73 8 Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh persen peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 83 dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 60 Sehingga dapat diketahui bahwa Ada pengaruh pembelajaran Contextual Teching and Learning CTL dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada pada pokok bahasan sistem koloid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSutiani, Ani196807301992032001
Call Number: 541 345 071 2 /Swa/p
Keywords: Pola pembelajaran Ctl ; Metode demonstrasi ; Sistem koloid ; Dispensi ; Pembuatan sistem koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item