PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Nasution, Nurhasni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131058 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media power point terhadaphasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Swasta PersatuanAmal Bakti Deli Serdang. Model pembelajaran think pair share terdiri darirangkaian tahapan-tahapan kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupasehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapaidalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Untuk lebih mempermudahsiswa mempelajari materi kimia yang berupa konsep-konsep, maka model inidipadukan dengan media power point.Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dankelas eksperimen 2. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajarankooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media power point,sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model ceramah plus tanya jawabdan tugas dengan menggunakan media power point. Penelitian ini menggunakaninstrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswadiuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampelberdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakanuji hipotesis satu pihak yaitu uji t pihak kanan dan diperoleh thitung = 4,25sedangkan ttabel = 1,6827 untuk t (0,05)(21)(21), sehingga thitung > ttabel, maka Haditerima. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pairshare dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajarkimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon sebesar 74.933%, lebih tinggidibandingkan hasil belajar kimia siswa diterapkan model ceramah plus tanyajawab dan tugas dengan menggunakan media power point sebesar 64.664%.Berdasarkan keberhasilan pengajaran menggunakan model pembelajarankooperatif tipe Think Pair Share dengan Media Power Point pada pokok bahasanhidrokarbon,maka diharapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare dengan Media Power Point ini dapat diaplikasikan dalam materipembelajaran kimia lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti19651015 199203 2 003
Call Number: 547.010 712 Nas p
Keywords: Belajar kimia; Aktivitas belajar; Kooperatif tipe think pair share; Model ceramah plus; Materi ajar hidrokarbon.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item