PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMAN 2 P. SIANTAR T.P. 2012/2013

Turnip, Iriana Fratiwi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMAN 2 P. SIANTAR T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409121039 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 DAFTAR GAMBAR'.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT disertai Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik dinamis.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X yang terdiri dari 17 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 dengan menggunakan model pembelajaran TGT disertai Joyfull Learning dan kelas X-8 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran TGT disertai Joyfull Learning Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,65 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1114 < Ltabel = 0,1591. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 26,77 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1354 < Ltabel = 0,1591. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,21< Ftabel = 1,84. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persyaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-2,00 < 1,85 < 2,00) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 74,68, kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1332 < Ltabel = 0,1591. Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 58,55 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1178 < Ltabel = 0,1591. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,7 < Ftabel = 1,84. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,16 > 1,67 pada taraf signifikansi &#945; = 0,05 dan dk = 60. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTurnip, Betty M.196301081987032002
Call Number: 537.607 12 Tur p
Keywords: Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatifl Joyfull Learning; Materi Pembelajaran; TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item