PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Dalimunthe, Asmidar (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409421003 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)berbantuan peta konsep, aktifitas siswa selama mengikuti proses pembelajarandengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), pengaruhmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan petakonsep pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian twogroup pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas yangditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 (kelaseksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 35 dan 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal yang sebelumnya telah divalidkan oleh tiga orang validator. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,3 dengan standar deviasi 9,7 dan nilai rata-rata pretes kelaskontrol adalah 43,1 dengan standar deviasi 11,1, sehingga diperoleh Fhitung sebesar 1,30 dan Ftabel sebesar 1,77. Karena Fhitung < Ftabel (1,30< 1,77), maka hasil pretes untuk kedua kelas mempunyai varians yang sama (homogen). Setelah itu kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan peta konsep dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,5 dengan standar deviasi 10,5 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 64,1 dengan standar deviasi 10,9. Kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada &#61537; = 0,05 dan dk = 70 diperoleh thitung > ttabel atau 2,99 > 1,6717 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d II sebesar 67,30 dengan kategori aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Pintor196104021987031002
Call Number: 537.607 12 Dal p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Model Pembelajaran; Listrik Dinamis; Arus Listrik; Hukum Ohm; Rangkaian Hambatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item