PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 BERASTAGI T.A. 2013/2014

Yakim, Adi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 BERASTAGI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409111003 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruhpositif dan berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa di SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014. (2)Mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Division (STAD) lebih baik dari pembelajaran Langsung terhadapkemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 2 BerastagiT.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas : 40 orang siswa dikelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dengan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD dan 40 orang pada kelas VII-2 sebagai kelas control dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa digunakan tes essay dengan jumlah soal sebanyak 5 soal pretes dan 5 soal posttes. Sebelum teknik analisis digunakan terlebih dahulu uji persyaratan analisis yaituuji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas diuji dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas diuji dengan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf = 0,05. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,4083 > 1,667. Hal ini berarti bahwa terima Ha atau tolak Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari kemampuan pemecahanmasalah matematika yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMPNegeri 2 Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014. Dengan demikian berarti ada pengaruh positif dan berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 2Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorW., Rajagukguk196110051986011001
Call Number: 512.707 1 Yak p
Keywords: Belajar Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif; STAD; Materi Pelajaran; Bilangan Bulat; Operasi Hitung; Komutatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item