PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP MOL SISWA KELAS X SMA

Asri S, Jehan (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP MOL SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331024 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 BAB I.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi konsep mol. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Tunas Pelita Binjai yang terdiri dari tiga kelas yang masing-masing terdiri dari 43 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X/1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep dan kelas X/2 sebagai kelas kontrol dengan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang telah divalidasi sebanyak 20 soal dan telah reliable dengan nilai rhit 0,766. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan uji Chi Kuadrat dan homogenitas data dengan menggunakan uji F. Dari pengujian ini diperoleh (x2)hitung untuk data post test 7,38 dan Fhitung 1,644 dari data tersebut dapat dilihat bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen adalah = 0,7 dan S1 = 0,122 sedangkan kelas kontrol adalah = 0,399 dan S1 = 0,095. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi yang menyatakan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 69% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 40,16%. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) terhadap rerata gain kedua kelompok dan diperoleh thitung = 12,65 sedangkan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK. Analisis ranah kognitif yang terkembangkan pada pembelajaran konsep mol dengan menggunakan M3PK adalah ranah kognitif C2 sebesar 80,71%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson19600223 198603 1 005
Call Number: 541.220 71 Asr p
Keywords: Partikel; Massa; Volume; Gas; Mol; Mengajar; Konsepsi; Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item