PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MED

C, Juwita (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408341029 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA N 8 Medan dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang terbagi atas 4 kelas. Jumlah sampel yaitu 82 siswa diambil secara random yang terdiri dari dua kelas, kelas X2 diajar dengan tipe TAI dan kelas X3 diajar dengan tipe STAD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t.Berdasarkan analisis data, (mean ± SD) yang diajar dengan tipe TAI yaitu (82,926 ±10,060) dan yang diajar dengan tipe STAD (mean ± SD) yaitu (70,121±10,982). Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan tersebut, dibuktikan melalui uji hipotesis dengan uji-t dan taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh thitung >ttabel (5,550 > 1,994). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan tipe TAI lebih baik dan efektif dibandingkan dengan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Dameria194911171975022001
Call Number: 574.071 Juw p
Keywords: Hsil Belajar Kognitif; Model kooperatif tipe TAI; Tipe STAD; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item