PELAKSANAAN DIE (URAIAN, INTERPRETASI DANEVALUASI) BELAJAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWAS DAN KEGIATAN DI TOPIK EKOSISTEMAT VII GRADE OF SMPN 1 TEBING TINGGIAKADEMIK TAHUN 2011/2012

Jayati, Rizki (2012) PELAKSANAAN DIE (URAIAN, INTERPRETASI DANEVALUASI) BELAJAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWAS DAN KEGIATAN DI TOPIK EKOSISTEMAT VII GRADE OF SMPN 1 TEBING TINGGIAKADEMIK TAHUN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244410028 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 BAB I.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan teknik pembelajaran DIE. Teknik pembelajaran ini meningkatkan fleksibelitas siswa dalam berpikir kognitif dan aktivitas siswa dalam proses belajar. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMPN 1 Tebing Tinggi Tahun ajaran2011/2012 sebanyak 25 orang.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa. Kemudian data dianalisis untuk mengukur peningkatan prestasi siswa. Indikator keberhasilan pembelajaran ini adalah (1) Kriteria ketuntasan minimal dan (2) Ketuntasan klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat pada setiap siklus. Rata-rata kelas dari prestasi belajar siswa pada pretes adalah 57,3 meningkat secara bertahap menjadi 68,3 pada siklus 1, menjadi 75,6 pada siklus 2 dan meningkat menjadi 87,7 pada siklus 3. Prestasi belajar siswa secara klasikal juga meningkat dari 8% (2 orang yang tuntas) menjadi 40% (10 orang) pada siklus 1, 68% (17 orang) pada siklus 2 dan 88% (22 orang ) pada siklus 3. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 53,9 pada siklus pertama menjadi 76,3% pada siklus kedua dan menjadi 87,8% pada siklus 3. Dapat disimpulkan bahwasannya pembelajaran dengan menerapkan teknik pembelajaran DIE dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada topik pelajaran ekosistem di kelas VII-2 SMPN 1Tebing Tinggi Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugrahalia, Meida196205271997032001
Call Number: 574.071 Jay i
Keywords: Research; Analysis; Success
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10135

Actions (login required)

View Item View Item