PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN JENIS PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Sihotang, Lamtiur D. (2012) PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN JENIS PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131066 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 DAFTAR GAMBAR'.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 BAB V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis penguatan (reinforcement), jenis pertanyaan dan interaksi antara penguatan dan jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Pematangsiantar yakni sebanyak 10 kelas. Sampel sebanyak 10 orang dalam setiap kelas diambil dari 4 kelas yang telah dipilih secara acak. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : penguatan dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = verbal A2 = nonverbal, faktor B : jenis pertanyaan yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= retoris dan B2 = menggali. Dari pengujian hipotesis diperoleh F hitung (A) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.1 ditolak dan H1.1 diterima artinya ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (B) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.2 ditolak dan H1.2 diterima artinya ada pengaruh jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (AB) > F (0,05)(1,36) dimana 3,603 > 4,11 maka H01.3 diterima dan H1.3 ditolak artinya tidak ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa.Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 43,68% , Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 68,61%, Pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 64,06%, sedangkan pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 74,32%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilitonga, P. Maulim195909071985031003
Call Number: 540.071 Sih p
Keywords: Reinforcement; Hasil Belajar; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item