PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE

Purba, Veronika (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131097 COVER.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131097 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui berapa persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran tipe TPSq pada materi Hidrokarbon, pada sub pokok bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Dalam penelitian digunakan dua kelas eksperimen, kelas eksperimen I dengan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran TPSq dan kelas eksperimen II dengan penerapan pendekatan konstruktivisme. Peningkatan hasil belajar kimia siswa diketahui dari kemampuan siswa dalam mengerjakan tes objektif sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran TPSq lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme. Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme dengan model TPSq adalah 60% dan peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme adalah 45% dan diperoleh perbedaan hasil belajar siswa sebesar 15%. Hasil uji statistik t pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung> ttabel ( 13,71 > 1,684 ). Hal ini menjelaskan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran TPSq dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada sub pokok bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Jamalum196412071991031002
Call Number: 540.071 Pur p
Keywords: Konstruktivisme; Think- Pair- Share; Siswa;
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item