PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA

Sitompul, Hamela Sari (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071244320018 COVER.pdf]
Preview
Text
071244320018 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071244320018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071244320018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071244320018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071244320018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
071244320018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
071244320018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
071244320018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 BAB V.pdf]
Preview
Text
071244320018 BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 BAB I.pdf]
Preview
Text
071244320018 BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 071244320018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071244320018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter adalah 70% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54%. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 16%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 5,56> 1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha = Hasil belajar siswa dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran learning cycleterintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada pengajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Hubungan nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa pada model pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter ada korelasi positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhit>rtabel¬ pada α = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai karakter siswa yang tinggi dan nilai hasil belajar siswa juga tinggi. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang nilai hasil belajar dengan nilai karakter siswa rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Sit p
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle; Hasil Belajar; Siswa; Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item
View Item