Sirait, Jefri H. (2012) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131060 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408131060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408131060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408131060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
408131060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
408131060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
408131060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408131060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
408131060 BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408131060 BAB I.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
408131060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid di MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol diajarkan dengan model direct instruction (metode ceramah). Instrumen yang digunakan adalah test pilihan ganda materi sistem koloid berjumlah 25 soal yang telah divalidkan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pihak kanan. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 6,33 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 78 dan harga t tabel = 1,674 yang berarti t hitung > t tabel yaitu 6,33 > 1,674. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata gain kelas eksperimen 0,797 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol 0,721. Persen peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 79,70 % dan pada kelas kontrol sebesar 72,10 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid di MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sir p |
Keywords: | Sifat; Weblog; Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9999 |