Pratama, Sabaruddin (2012) PENGARUH PENGAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244310006 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
071244310006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
071244310006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
071244310006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071244310006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
071244310006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
071244310006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
071244310006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
071244310006 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071244310006 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071244310006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Koloid di SMA Swasta Sri Langkat Tanjung Pura. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang homogen dan terdistribusi normal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel, dengan r = 0,787 kategori tinggi. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen sebesar 0,582 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,356. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,721 > 1,6723 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 58. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada Pengaruh Pengajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Koloid. Hal ini memberikan arti bahwa Pengajaran Berbasis Praktikum dengan Konvensional terbukti memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Pra p |
Keywords: | Pengajaran, Praktikum; Data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9974 |