Panjaitan, Gustina (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER (WINDOWS MOVIE MAKER) PADA GENIUS LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131048 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408131048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
408131048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408131048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408131048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408131048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131048 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
408131048 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408131048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media berbasis komputer (windows movie maker) pada genius learning srategy terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Medan yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan menggunakan media berbasis komputer (windows movie maker) serta genius learning srategy, dan kelas eksperimen II diajarkan dengan genius learning srategy tanpa penggunaan media berbasis komputer (windows movie maker). Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 2,591 sedangkan ttabel = 1.669 untuk α = 0.05 dan db = 78. Dengan demikian thitung > ttabel, dari hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 72,05 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 65,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media berbasis komputer (windows movie maker) pada Genius Learning Strategy terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid.Rata-rata hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media berbasis komputer (windows movie maker) pada Genius Learning Strategy lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan Genius Learning Strategy tanpa media berbasis komputer (Windows Movie Maker).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Pan p |
Keywords: | Pembelajaran; Kelebihan; Kelemahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9961 |