SORAYA, DELIANI (2012) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTANDI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131041 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
408131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408131041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
408131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
408131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
408131041 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 9 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan M3PK dan kelas XI IA 10 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan M3PK yang masing-masing berjumlah 40 siswa diambil secara purposive sampling. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembagian hand out seminggu sebelum pertemuan pertama pada kedua kelas dan dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan Standart Deviasi (SD).Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen 33 dengan Standart Deviasi 16,86 dan nilai rata-rata post-test 90,38 dengan standart deviasi 8,04. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol 41,25 dengan Standart Deviasi 13,81 dan nilai rata-rata post-test 86,25 dengan Standart Deviasi 10,24. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data post-test diperoleh thitung 2,01sedangkan ttabel 1,67 jadi didapat bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan M3PK Simson Tarigan dengan hasil belajar siswa yang di ajar tanpa menggunakan M3PK Simson Tarigan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sor p |
Keywords: | Menginduksi; Konsep; Senama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9960 |