RAJAGUKGUK, ABADI EINSTEIN (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS TEKA TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HUTABAYURAJA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321001 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408321001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408321001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408321001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408321001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408321001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408321001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408321001 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
408321001 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Hutabayuraja yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik simple random sampling, yaitu Kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) dan kelas VIIB dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 41,33 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 40,33. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai postes dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) sebesar 72,5 sedangkan siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 63,5. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diperoleh rata-rata 58,52 dengan kategori kurang baik. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,1 > 1,671 pada taraf signifikan α = 0,05 Hal ini berarti terima Ha dan tolak Ho dan terdapat persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,2% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Raj p |
Keywords: | Teka Teki Silang; Gerak Lurus; Gerak Semu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9938 |