Dwi Yunevo (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS X SMA SULTAN ISKANDAR MUDA T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110078 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
071244110078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
071244110078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
071244110078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
071244110078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
071244110078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
071244110078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244110078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
071244110078 BAB I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071244110078 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244110078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperati tipe Jigsaw pada Bentuk Pangkat dan Akar di kelas X-A SMA Sultan Iskandar Muda T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Sultan Iskandar Muda yang terdiri dari 4 kelas paralel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Bentuk Pangkat dan Akar.Sebelum dilakukan tindakan, diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan lembar observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Tes tersebut diberikan pada setiap akhir siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Berdasarkan refleksi siklus I, diambil langkah-langkah perbaikan proses pembelajaran dan dilakukan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 57,35% (kategori kurang aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 72,54% (kategori aktif). Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 15,19%. Hasil analisis tes hasil belajar diperoleh rata-rata tes hasil belajar I sebesar 57,56% (kategori rendah), sedangkan rata-rata tes hasil belajar II sebesar 73,12% (kategori sedang). Terjadi peningkatan rata-rata tes hasil belajar sebesar 15,56%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Bentuk Pangkat dan Akar di kelas X SMA Sultan Iskandar Muda T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Yun p |
Keywords: | Kooperatif; Jigsaw; aktivitas belajar; siswa; pangkat dan akar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9929 |