Siregar, Erlina Hasbi (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X1 SMA NEGERI 1 MERANTI KAB. ASAHAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410007 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
081244410007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244410007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
081244410007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
081244410007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
081244410007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244410007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
081244410007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244410007 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
081244410007 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
081244410007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
081244410007 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada materi pokok ekosistem di kelas X1 SMA Negeri 1 Meranti Kab. Asahan T.P 2011/2012. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 35 siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes 55,24 meningkat menjadi 67,04 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan dari 66,86 menjadi 77,14. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak 27 siswa dari 35 siswa atau 77,14% yang memperoleh nilai di atas 70 atau sama dengan 70 dan 8 siswa lainnya atau sebesar 22,85% memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas dengan peningkatan 54,29%. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah sebagai berikut: dari 35 siswa terdapat 17,14% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 31,42% siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 40% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 11,42% siswa yang mempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada materi pokok ekosistem di kelas X1 cenderung mengalami peningkatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374 |
Keywords: | Ekosistem; Makluk hidup |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9925 |