Sari, Gongna (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER I MTS AL-WASHLIYAH TEMBUNG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121053 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
408121053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
408121053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408121053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408121053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
408121053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408121053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408121053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408121053 BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
408121053 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408121053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Zat Dan Wujudnya kelas VIISemester I MTs Al-Washliyah Tembung T.P 2012/2013.Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa di kelas VII MTs Al-Washliyah Tembung yang terdiri dari 9kelas. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yang ditemukan secara acak (ClusterRandom Sampling) sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian inidikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes berbentuk pilihan bergandayang terdiri dari 15 soal dengan empat option dan lembar observasi aktifitas siswa.Dari hasil pretes kelas eksperimen didapat hasil belajar siswa rata-rata nilai46,29. Nilai ini hampir sama dengan nilai pretes kelas kontrol dengan rata-rata nilai46,11. Selanjutnya setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajardimana rata-rata nilai postes kelas eksperimen dimana rata-rata hasil belajar siswasebesar 75,43 sedangkan pada kelas kontrol sebesar rata-rata 67,22. Selanjutnyadilakukan pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak untuk melihat perbedaan nilaipostes kedua kelompok sampel. Hasil pengujian hipotesis dua pihak untuk rata-ratanilai pretes siswa kedua kelompok sampel diperoleh harga 21 121 1  t  t  t hityaitu-2,00 < 0,06 < 2,00 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 69. Hal ini berarti Hoyang kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awalsiswa pada kelas kontrol dapat diterima. Kemudian pengujian hipotesis satu pihakuntuk rata-rata nilai postes siswa kedua kelompok sampel diperoleh harga thit > ttabel,yaitu 2,46 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 69. Maka dapat diambilkesimpulan bahwa hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen (denganmenggunakan model pembelajaran Inquiry Training) lebih besar dibandingkan hasilbelajar siswa pada kelas kontrol (dengan menggunakan pembelajaran konvensional),maka pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training dikatakanberpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelasVII Semester I MTs Al-Washliyah Tembung T.P 2012/2013 dapat diterima.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulanbahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajarsiswa pada materi pokok zat dan wujudnya di Kelas VII Semester I MTs Al-WashliyahTembung T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sar p |
Keywords: | Pelajaran; Gaya; Partikel; Masa Jenis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9921 |