Handayani, Maria Ulfah (2012) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER I MTS NEGERI 3 MEDAN T.P. 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121069 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408121069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
408121069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408121069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408121069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408121069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408121069 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
408121069 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
408121069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408121069 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model Quantum Learning menggunakan peta pikiran pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII semester I MTs Negeri 3 Medan T.P. 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 170 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu VII- D dan VII- E dengan cara acak (cluster random sampling) dimana kelas VII- D sebagai kelas control yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan kelas VII- E sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model quantum learning menggunakan peta pikiran, dan masing- masing kelas terdiri dari 34 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 15 item yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny dan berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata pretes untuk kelas eksperimen 44,7 dengan standar deviasi 13, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 44,1 dengan standar deviasi 12,9. Dari hasil uji kesamaan diperoleh thitung = 0,23 dan ttabel = 1,99. Karena thitung < ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan, untuk kelas eksperimen menggunakan model quantum learning menggunakan peta pikiran dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen adalah 72,5 dengan standar deviasi 11,9 dan kelas kontrol 63,3 dengan standar deviasi 12. Hasil uji statistik uji t diperoleh harga thitung = 2,35 pada taraf signifikan 0,05 dan ttabel = 1,64 dan dk= 66, thitung > ttabel yaitu 2,35 > 1,64 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model quantum learning menggunakan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII Semester I MTs Negeri 3 Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Han p |
Keywords: | Partikel; Gaya; Konvensional; Kapilaritas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9917 |