Syahputra, Muhammad Dwi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGART.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321040 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
408321040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408321040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408321040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408321040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408321040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408321040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
408321040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408321040 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
408321040 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
408321040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar T.P 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,27, dan nilai rata-rata kelas pretes kelas kontrol 44,62. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan sig = 0,098, untuk kelas kontrol dengan Sig = 0,086, , sehingga diperoleh sig > 0,05 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh sig = 0,123 dan α = 0,05, sehingga diperoleh sig > α maka kedua sampel memiliki varians data yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,50 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 58,63 dengan. Taraf keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 71% termasuk kategori cukup baik. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh Y = 54,859 + 0,421X . Koefisien determinasi (R2) = 0,168 yang artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa adalah 16,8 %. Nilai uji t = 2,729 dengan nilai signifikan sebesar 0,010 lebih kecil dari nilai alpha 0,05, maka Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemrincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar T.P 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sya p |
Keywords: | Konvensional; Pelajaran; Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9915 |