Purba, Eva Chrystina (2012) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121045 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
408121045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408121045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408121045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408121045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408121045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408121045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408121045 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
408121045 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
408121045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408121045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Quantum Teaching menggunakan media Handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester ganjil SMA Negeri 2 Sidikalang T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa saat menggunakan model Quantum Teaching menggunakan media Handout.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester ganjil SMA Negeri 2 Sidikalang yang berjumlah 140 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IA 1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IA 3 (sebagai kelas kontrol) dimana kedua kelas ini siswanya berjumlah 35 orang setiap kelas. siswa yang ditentukan dengan cara Purposive Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidkan oleh validator kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,19 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 35,04. Setelah dilakukan uji homogenitas pada pretes, hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Quantum Teaching menggunakan media handout dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,66 dan kelas kontrol 62,47. Penelitian ini juga memperhatikan aktivitas siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 65,55%, pertemuan kedua 72,69% dan pertemuan ketiga 79,20 %. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,07 sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung> ttabel (3,07 >1,66) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Quantum Teaching menggunakan media handout terhadap hasil belajar hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester ganjil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Pur p |
Keywords: | Energi;Pelajaran; Potensial; Kinetik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9912 |