Wulandari, Yulia (2012) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P. 2012/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321059 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408321059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
408321059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408321059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408321059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408321059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408321059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
408321059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
408321059 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
408321059 BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408321059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan animasi power point terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung pada materi kalor di kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran animasi power point. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Swasta Istiqlal Delitua yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling, kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 15 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil perhitungan diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 29,72 dan standar deviasinya adalah 11,93 dan skor rata-rata pretes kelas kontrol 29,14 dan standar deviasinya adalah 11,90. Sebelum uji stastistik dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas data. Dari perhitungan diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel atau 0,20 < 1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan untuk kelas eksperimen diberi media pembelajaran animasi power point dan kelas kontrol diberi pembelajaran langsung. Setelah dilakukan post-tes diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen adalah 75,24 dengan standar deviasi 11,84 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 69,53 dengan standar deviasi 12,35. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,97 > 1,66 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi power point mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII-7 SMP Swasta Istiqlal T.P.2012/2013. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan media animasi power point sebagai media pembelajaran fisika yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua T.P. 2012/2013. Saran bagi penelitian selanjutnya, yaitu: agar lebih membimbing dan mengarahkan setiap siswa aktif dalam berdiskusi serta memberikan penghargaan berupa nilai pus bagi siswa yang aktif dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Wud p |
Keywords: | Asas Black; Zat; Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9911 |