Lubis, Khairil Irfan (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS VII SMP NEGERI 2 STABAT T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321033 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
408321033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408321033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
408321033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
408321033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408321033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408321033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
408321033 BAB I.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
408321033 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408321033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis visual spasial dan pembelajaran konvensional di kelas VII pada materi pokok Gerak Lurus di SMP Negeri 2 Stabat T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Stabat yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 258 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak sederhana dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas dari kelas yang relatif homogen secara acak yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran berbasis visual spasial dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 42,71 dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,28. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,2024, ttabel = 1,991, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Visual Spasial pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 74,42 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,26. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 2,21 dan = 1,666. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis visual spasial terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas VII semester I SMP Negeri 2 Stabat T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Lub p |
Keywords: | Konvensional; Homogen; Kontrol |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9901 |