Pohan, Ahmad Fauzi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP N 5 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121026 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408121026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
408121026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408121026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408121026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408121026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408121026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408121026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408121026 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408121026 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408121026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas IX SMP Negeri 5 Pematangsiantar.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Semester ganjil SMP Negeri 5 Pematangsiantar terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas IX-3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IX-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 35 siswa ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator kemudian di ujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 34,86. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 60,43 dan kelas kontrol 54,43. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,27 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel (2,27 >1,99) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional di kelas IX semester ganjil SMP Negeri 5 Pematangsiantar T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Poh p |
Keywords: | Arus Listrik; Hukum Ohm; Rangkaian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9900 |