Adetya, Fera (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244210012 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
081244210012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
081244210012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
081244210012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
081244210012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
081244210012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
081244210012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
081244210012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
081244210012 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
081244210012 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
081244210012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
081244210012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan strategi Mind Mapping terhadap hasil belajar fisika materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP N 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik simple random sampling, yaitu Kelas VII6 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan strategi Mind Mapping dan kelas VII5 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 33,16 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 33,00. Selanjutnya setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar dimana rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 76,83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,00. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak untuk melihat perbedaan nilai postes kedua kelompok sampel. Hasil pengujian hipotesis satu pihak untuk rata-rata nilai postes siswa kedua kelompok sampel diperoleh harga Sig t < α, yaitu 0,009 < 0,05 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha yang menyatakan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, berarti ada perbedaan akibat pengaruh model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan diertai pembuatan Mind Mapping terhadap hasil belajar fisika materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP N 1 Percut Sei Tuan dapat diterima. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Ade p |
Keywords: | Padat;Cair; Gas;Partike;Masa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9898 |