PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN T.P 2012 / 2013

Sundari, Harin (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN T.P 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408321025 COVER.pdf]
Preview
Text
408321025 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408321025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408321025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408321025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408321025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408321025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408321025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408321025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 BAB I.pdf]
Preview
Text
408321025 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 BAB V.pdf]
Preview
Text
408321025 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Undergraduate-22204-9. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Undergraduate-22204-9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 408321025 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
408321025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pengajaran berdasarkan learning cycle adalah suatu strategi belajar yang berpusat pada siswa di mana siswa dapat termotivasi untuk menemukan atau membuktikan sendiri suatu teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen terhadap hasil belajar dan aktifitas kelompok siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMPN 39 Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 39 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan jumlah sebanyak 80 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan lembar observasi psikomotorik kelompok siswa pada pembelajaran dengan penerapan learning cycle berbasis eksperimen. Uji yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji t satu pihak dan uji t dua pihak..Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,0 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 37,2. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas yang menggunakan pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen sebesar 70,3 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 61,2. Begitu juga dengan hasil pengamatan psikomotorik siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 10,8 dengan kategori nilai aktifitas cukup baik. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak pada pretes diperoleh < (-1,9 < 0,27 < 1,9) , didapat hasil bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh > (3,5 > 1,667), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya Di Kelas VII SMP Negeri 39 Medan T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Sun p
Keywords: Psikomotorik; Perubahan; Stratregi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9896

Actions (login required)

View Item
View Item