Samosir, Ali Sodikin (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALA MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIIIMTS NEGERI LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013 PADAPOKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110035 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
071244110035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
071244110035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
071244110035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
071244110035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
071244110035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
071244110035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244110035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
071244110035 BAB I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
071244110035 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244110035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan matematika siswa setelah diajarkan dengan model reciprocal teaching dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam T.A. 2012/2013 pada pokok bahasan Kubus dan Balok.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas, dipilih 2 kelas secara random yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen1 dengan model reciprocal teaching dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen2 dengan pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,381 dengan jumlah soal sebanyak 5 item.Penelitian ini tidak menggunakan pretes dengan alasan bahwa kemampuan dasar masing-masing siswa di kedua kelas dianggap sama.Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen1 86,611 dan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen2 adalah 78,50. Dari hasil analisis data postes kelas eksperimen1 diperoleh L0 = 0,0939 < Ltabel = 0,1477, dan dari postes kelas eksperimen2 diperoleh L0 = 0,0867 < Ltabel = 0,1477. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postes kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,186 < Ftabel = 1,68. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa thitung = 6,257 dan ttabel 1,669. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching dan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam T.A. 2012/2013 pada pokok bahasan kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sam p |
Keywords: | Kubus; Balok; Volume; Luas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9879 |