Harahap, Anita (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVAS BELAJARMATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA MTS. AL-WASHLIYAH TEMBUNG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111029 Cover.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408111029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408111029 abstrak.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408111029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408111029 BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111029 BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408111029 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kategori pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). (2) Mengetahui motivasi belajar matematika siswa MTs. Al-Washliyah Tembung melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). (3) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al-Washliyah Tembung yang berjumlah 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada sub pokok bahasan bangun datar segiempat tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,76 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Dari hasil angket motivasi awal yang diberikan kepada siswa sebelum tindakan, diketahui tingkat motivasi siswa rendah dengan rata-rata skor angket motivasi awal adalah 55,77 dan persentase tingkat motivasi kelas sebesar 55,77%. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata skor angket motivasi siswa adalah 59,8 dan persentase tingkat motivasi kelas sebesar 59,8%. Selanjutnya pada siklus II, rata-rata skor angket motivasi siswa adalah 63,68 dan persentase tingkat motivasi kelas sebesar 63,68%. Dari tes hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 22 siswa atau sebesar 62,85% sedangkan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau sebesar 88,57%, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 25,72%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat memberikan hasil belajar yang baik.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa MTs. Al-Washliyah Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Har u |
Keywords: | Belajar; Persegi Panjang; Jajarangenjang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9874 |