Hasibuan, Mutiara Lajorgi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDIDIKAN KATRAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131071 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
408131071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
408131071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408131071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408131071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
408131071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408131071 BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408131071 BAB V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408131071 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel, dengan rtabel = 0,316. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen I sebesar 4,083 dan untuk kelas eksperimen II sebesar 6,083. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,018 > 1,669 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 68. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid di SMA Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil observasi karakter siswa yang diamati oleh observer terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini memberikan arti bahwa terbukti model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Has p |
Keywords: | Liofob; Liofil; Verbal; Statistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9849 |