Mariani, Tuti (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE TAI PADA SUB POKOK BAHASAN JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT DI KELAS VII SMP HANGTUAH I BELAWAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111102 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408111102 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408111102 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408111102 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408111102 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408111102 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111102 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111102 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111102 BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
408111102 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408111102 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan dilakukan di SMP Hangtuah I Belawan yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012 yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-6 sebanyak 30 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VII-7 sebanyak 28 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI, penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test essay sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012, dengan hitungt= 8446,1dan tabelt = 1,632 diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan Jajargenjang dan Belahketupat di kelas VII SMP Swasta Hangtuah I Belawan T.A 2011/2012. Rata-rata pretest siswa kelas TPS sebesar 26,16 sedangkan rata-rata postest 78,766. Siswa kelas TAI diperoleh rata-rata pretest sebesar 31,75 sedangkan rata-rata postest sebesar 74,678. Berdasarkan peningkatan kemampuan penalaran matematika pada kedua kelas, sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan model kooperatif tipe TPS maupun tipe TAI dalam pembelajaran matematika, dengan tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari kedua model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mar p |
Keywords: | luas;keliling;sifat-sifat |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9823 |