Winda (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP SWASTA PANGERAN ANTASARI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110006 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071244110006 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071244110006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
071244110006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
071244110006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
071244110006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244110006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
071244110006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244110006 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
071244110006 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071244110006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial
Kelas VII SMP Swasta Pangeran Antasari
Tahun Ajaran 2011/2012
Winda (NIM. 071244110006)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) Mengetahui apakah pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik (3) Mengetahui pengelolan pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan pedekatan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII-A SMP Swasta Pangeran Antasari yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah penerapan pembelajaran matematika realistik sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetka Sosial di SMP Swasta Pangeran Antasari Tahun Ajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahuitingkat kemampuan memecahkan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 38,96. Setelah pemberian tindakan pada siklus I,tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 77,6 dengan 23 siswa atau 76,66% dari keseluruhan siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya,setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II,tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 83,43 dimana jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 26 siswa atau 86,67% dari seluruh siswa.
Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntasdalam belajar dan terdapat ≥ 85% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan,diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 2,88 kegiatan inti 2,81 dan kegiatan akhir 3,25. Pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan,maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial SMP Swasta Pangeran Antasari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Win p |
Keywords: | mekanisme;instrumen;observasi;reduksi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9822 |