Manyatika, Syska (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V MIN SEI AGUL MEDAN T A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244120053 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
071244120053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071244120053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071244120053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071244120053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071244120053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244120053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244120053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244120053 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
071244120053 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071244120053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071244120053 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa, mengetahui ketuntasan belajar siswa dan respon Siswa melalui pendekatan
matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va MIN Sei Agul
Medan yang berjumlah 42 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik. Data
yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian
sebanyak dua kali.
Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus I
yaitu melalui pendekatan matematika realistik, terdapat 28 orang (66,67 %) telah
mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 67,74 tetapi belum mencukupi
syarat ketuntasan klasikal.(85%), maka dilanjutkan pada siklus II dan Hasil
analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus II yaitu terdapat
38 orang (90,47 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 70,12
dan telah tuntas secara klasikal.(85%) maka pembelajaran telah tuntas dan
penelitian di berhentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 2,38.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar maka
kepada guru perlu memikirkan aplikasi pendekatan matematika realistik dalam
pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Man u |
Keywords: | tes;wawancara;observasi,reduksi;paparan data |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9819 |